Hutan Kaliurang Pasca Erupsi Gunung Merapi

Hari itu, aku dan teman-teman kelas X SMA N 1 Yogkyakarta mengikuti Outdoor Study yang diselenggarakan oleh sekolah. Tujuan kami adalah Hutan Kaliurang, dan Pantai Krakal.

Di perjalanan kami sudah mendapat sks tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk melanjankan penelitian. Termasuk apa saja yang akan kami lakukan di Hutan Kaliurang. Dan sungguh moment yang tepat bagi kami karena dapat mengunjungi Hutan Kaliurang pasca erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010.

Sinar Matahari menyambut kami.

Sinar matahari menyambut kedatangan kami. Tidak terlalu terang dan menyengat. Namun, penuh kehangatan dibalut udara yang sejuk. Menjadi perpaduan. Membuat penelitian kami menjadi wisata penyegaran dari bisingnya kota.

Salah satu yang kami teliti adalah lumut. Dan yang menarik adalah pohon bambu ini diselimuti banyak lumut, menjadikan tekstur kulit yang lembut. Sungguh menyenangkan melihat berbagai macam tanaman atau pohon yang diselimuti tumbuhan kecil,lembut, dan perintis.

Semakin ke atas kami mendaki, semakin banyak kerusakan yang terlihat. Banyak pohon-pohon yang rusak akibat terkena awan panas Gunung Merapi. Sungguh, menjadi pemandangan yang berbeda.

Sebagian rusak akibat erupsi Gunung Merapi. Tapi, sebagian masih selamat. Sungguh fenomena alam yang luar biasa dan mengagumkan yang menyebabkan hal itu terjadi. Sungguh kebesaran Allah SWT.

Pemandangan yang menakjubkan.

Tak ada yang bisa tertiup, bahkan jatuh oleh angin lagi. Tak ada yang tersisa lagi. Kecuali aku sendiri. Tangisan pohon yang di tinggal-kekasihnya- daun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s