Sea Games : Indonesia VS Malaysia

Timnas Garuda Muda memetik hasil yang meyakinkan ketika menekuk lawan-lawannya yaitu Kamboja dengan enam dan Singapura dua gol tanpa balas, sedang menekuk thailand dengan skor 3:1. Tentu saja hal ini membuat publik semakin berharap bahwa Timna Garuda Muda yang di asuh Rachmad Darmawan bisa mengembalikan medali emas Sea Games tahun ini.

Tentu masih teringat dengan jelas, Final Piala AFF yang mempertemukan Timnas Garuda Senior dengan Timnas Harimau Malaysia yang menjadi antiklimaks saat Timnas mulai memperlihatkan permainan-permainan terbaiknya sesaat sebelum final AFF. Saat semua publik merasa yakin bahkan kelewat yakin akan kemenangan besar Indonesia terhadap Malaysia malah berbuah sebuah antiklimaks dengan kekalahan Timnas Garuda. Saat itu publik menjadi tersadar bahwa bola bukanlah sesuatu yang pasti walau dapat diperjuangkan untuk mendapatkan sebuah kepastian. Karena kita tahu bola itu bundar, dan pertandingan sepak bola adalah pertandingan yang tidak hanya dapat ditentukan dari ranking di sebuah kertas, atau sejarah pertandingan. Dengan kesimpulan bahwa hasil pertandingan sepak bola bisa sangat tidak terduga, mungkin saja babak pertama suatu tim bisa unggul, tapi di babak kedua tim itu malah dikalahkan.

Kembali mengenai Sea Games yang akan mempertemukan Indonesia vs Malaysia pada tanggal 17 November 2011. Tentu jika kita sudah melihat beberapa pertandingan Malaysia di Sea Games kita akan menyimpulkan bahwa Timnas Muda Malaysia merupakan salah satu tim terkuat di Sea Games, berbekal menahan seri tanpa gol Timnas Singapura, serta menang melawan Thailand dan Kamboja memperlihatkan bahwa Timnas Malaysia adalah tim yang tangguh. Jika dilihat dari beberapa pertandingan bahwa lini belakang Malaysia bisa dikatakan mampu menahan serangan-serangan dari lawan serta kekompakkan tim juga menjadi modal utama mereka. Sedangkan jika kita melihat permainan Timnas Indonesia, kemampuan anak asuk Rachmad Darmawan juga tidak bisa disepelekan, bermodal striker andalan seperti patrich wanggai, titus bonar, ferdinand sinaga, serta pemain andalan di setiap lininya membuat Indonesia menjadi tim yang patut diperhitungkan terutama saat mencetak sejarah dapat menang melawan Thailand.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia tanggal 17 nanti saya yakin akan menjadi pertandingan yang mengasyikan sekaligus menegangkan . Bukan hanya karena duel pelatih dan pemain Indonesia vs Malaysia, tapi juga sebagai duel adu gengsi antara negara Indonesia dengan Malaysia. Mungkin jika Timnas Garuda Muda dapat mengalahkan Timnas Muda Malaysia, publik Indonesia akan tersenyum seakan kekalahan Timnas Senior di AFF dapat terbalaskan, walau pertandingan Indonesia melawan Malaysia hanya pertandingan di Fase Grup bukan di Final. Walau pertandingan itu hanya menentukan pemenang grup, tentu saja pertandingan itu akan sangat berarti bagi kedua kubu untuk menapak di semifinal, jika Indonesia menjadi juara grup mungkin akan lebih mudah lawan yang dihadapi Indonesia, walau kita harus tetap teguh dengan prinsip bahwa bola itu bundar dan segalanya bisa terjadi dalam 90 menit.

Akhir kata, semoga pertandingan Indonesia vs Malaysia akan menjadi hiburan tersendiri bagi publik Indonesia serta menjadi awal dari kejayaan Sepak Bola Indonesia. Dan tentu saja pertandingan dapat berjalan sportif serta memperkuat persaudaraan kita dengan Malaysia, karena sejatinya kita adalah satu rumpun dan untuk apa saling merendahkan. Semoga Timnas Indonesia bisa mendapat Emas Sea Games! Yakin, Indonesia Bisa!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s