Ke Sekaten Part I

Sore hari kemarin tepatnya pukul 16.00, saya sekeluarga-minus bapak yang kerja di Kalimantan- menyempatkan diri buat jalan-jalan ke Sekaten. Setahu saya sekaten itu dari kata syahadat terus jadi syahadaten dan akhirnya jadi sekaten karena lidah orang jawa khusunya jogja yang susah melapalkannya.

Aku dan Ibu pergi ke Sekaten menaiki becak langganan kami. Sedangkan kedua kakakku menaiki motor. Sebenarnya walau Ibuku sudah 18 tahun tinggal di Kalimantan Tengah, tapi masa kecil Beliau dihabiskan di Yogya tepatnya di Daerah Kauman. Jadi bisa disimpulkan beliau yang notabennya tinggal dekat alun-alun utara sering main ke Sekaten. Saya yang juga sudah tinggal di Yogya sekitar 6 tahun, hampir setiap tahun pergi ke Sekaten. Dan pertanyaannya mengapa kami tidak pernah bosan? Jawabannya sederhana karena Sekaten beda dari yang lain. Memang Sekaten itu isinya bukan permainan yang mewah-mewah atau yang bisa kita didapatkan di tempat-tempat wisata. Tapi yang menarik di Sekaten adalah ramainya orang yang berkunjung dan hidangan-hidangan(bukang makanan ya:P) yang disajikan disana lebih sederhana,murah,dan merakyat.

Dan biasanya keluarga kami akan datang ke Sekaten 2 kali, yang pertama lihat pasar malam nya, yang kedua menikmati sego gurih yang merupakan masakan khas Sekaten. Sego gurih biasanya cuma ditemukan di acara Sekaten, jadi bikin kangen dan sayang untuk dilewatkan. Sego gurih sendiri berarti nasi gurih.

Karena kemarin baru datang sekali,dan sego gurihnya belum ada (biasanya pas ada gulungan datang), jadi momen-momen yang terekam adanya cuma di alun-alun utara soalnya kalau sego gurih dijual didaerah halaman masjid gedhe. Ini beberapa momen yang berhasil direkam.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s