Mushroom Soup (without cream)

editKali ini saya mencoba memasak  kembali mushroom soup ( dulu pertama kali masak harus diulang karena kekentalan gara-gara lupa menambahkan air hehe), jadi ini kali kedua dan ketiga cukup berhasil setelah melihat video di youtube channel masak.tv. Menurut mas wimpi (kakak saya), nilainya 10 lah untuk masakan kali ini, menurut saya juga cukup mirip dengan yang ada di restauran Itali di Jogja. Ohya, cooking cream itu mahal makanya saya cuma pakai susu cair aja, tapi udah cukup enak kok (meskipun pastinya beda). Ok silakan dibaca bahan-bahan dan tahap memasaknya, happy home cooking.

Bahan

  • Jamur Champignon  (5 buah)
  • Bawang Bombay  (1/2 buah kecil)
  • Bawang Putih (1 siung)
  • Garam
  • Merica
  • Mentega
  • Susu Cair Full Cream (secukupnya untuk mengganti cooking cream yang mahal hehe 😛 )
  • Air (bisa juga kaldu kalau punya)
  • Roti Perancis atau Garlic Bread

Tahap-tahap memasak

  1. Periapakan semua bahan, potong jamur jangan terlalu tebal, potong halus bawang bombay dan bawang putih
  2. Panaskan wajan, masukkan mentega sampai mencair, lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum
  3. Masukkan jamur champiognya, aduk-aduk hingga mulai layu, tambahkan garam dan merica
  4. Masukkan air, aduk-aduk hingga warna berubah agak kecoklatan
  5. Jika memiliki hand blender dapat langsung di haluskan di wajan, namun jika hanya memiliki blender biasa bisa dimatikan apinya dan tunggu agar tidak terlalu panas (bisa juga dipindahkan ke tempat lain untuk didinginkan)
  6. Setelah tidak terlalu panas masukkan ke blender biasa, dan dihaluskan, ingat untuk berhenti dan diaduk lalu dihaluskan lagi, masukkan air jika dirasa terlalu kental
  7. Pindahkan ke wajan atau panci, jika masih kental masukkan air atau kaldu, kemudian aduk-aduk, dan terakhir diberi susu cair secukupnya sesuai selera
  8. Rasakan kembali, bisa ditambahkan kembali garam dan merica sesuai selera
  9. Jika kekentalan dan rasa sudah dirasa cukup, langsung sajikan dengan hiasan tetesan susu cair (harusnya cream sih hehe) dan kalau ada yang punya dedaunan gitu, jangan lupa roti perancis ataugarlic breadnya yaaa
  10. nb : supaya tidak ada dusta di antara kita, itu foto mushroom soup yang ketiga, meskipun ini resep masak yang kedua, pakai foto yang ketiga karena lebih bagus aja hasil fotonya hehe 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s