Fettuccine with Aubergine and Tomato Paste

Sebelum bicara tetap resep pasta, saya awali resep ini dari salah satu drama korea favorit. Drama Korea favorit tahun ini (2015) ialah Oh My Ghost yang tayang di saluran TVN Korea Selatan. Selain ceritanya yang memang unik dan diperankan oleh Park Bo Young, menurutku drama ini menunjukkan kemajuan dalam drama Korea. Umumnya drama Korea sangat jarang yang peduli akan detail dan jarang mengedukasi penontonnya, berbeda dengan drama Jepang. Misalnya salah satu drama Korea memiliki judul seperti pasta, chef dan lain-lain yang berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu, namun sangat jarang sekali diperlihatkan pekerjaan hal tersebut karena drama berfokus dan berputar-putar pada hal percintaan saja. Nah berbeda dengan drama-drama Korea lain, dalam drama Oh My Ghost yang judulnya justru tentang “hantu” tetapi mengedukasi dalam hal masak-memasak karena sang tokoh utama bekerja di restaurant. Salah satu menu masakan yang menarik untuk saya adalah terong yang dimasak dengan saos tomat dan ditaburi keju di atasnya (khas Itali banget lah). Saking penasarannya, saya coba deh masak itu tapi ditambah dengan pasta yakni fettuccine, jadilah percobaan saya, dan ternyata terong alias bahasa gaulnya disebut aubergine itu cocok banget sama tomat dan keju. Pastinya penasarankan? Coba ditiru aja di rumah, ini salah satu resep yang gampang dan cepat.

Bahan-bahan

  • Fettuccine
  • Aubergine (terong hehe)
  • Tomato Paste
  • Bawang Bombay
  • Keju (cheddar, tapi akan lebih enak kalau parmesan)
  • Garam
  • Merica
  • Mentega atau Minyak (lebih sehat kalau minyak zaitun yaa)

Cara Memasak

  1. Pastinya yang pertama dilakukan adalah didihkan air, kemudian masukan fettuccine (diperkirakan aja yang mau makan seberapa hehe), jangan lupa taburi garam dan sedikit minyak.
  2. Sambil menuggu matangnya fettucine, potong-potong bawang bombay, terong dan keju, kemudian terong di goreng setengah matang, tiriskan.
  3. Kemudian, ketika fettucine sudah matang ditiriskan, lalu tumis bawang bombay sampai wangi, masukkan terong dan tomato paste (dua sendok makan) bisa ditambah air sedikit, lalu aduk-aduk sampai rata
  4. Masukkan fettucine yang sudah ditiriskan tadi, tambahkan garam dan merica secukupnya, taburi sedikit keju, aduk rata
  5. Kemudian, sajikan di piring saji, taburkan keju lagi di atasnya, selesai 🙂

NB: mohon maaf dalam resep yang saya tulis jarang atau tidak pernah ada takarannya, mungkin karena saya sendiri juga lebih suka pakai perasaan hehe, sebelum memasak penting untuk mencoba rasa bumbu yang akan kita pakai kayak tomato paste itu jadi kita bisa tau tingkat keasaman yang ingin kita dapatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s