3 Hal tentang Kehidupan Mahasiswa di Drama Cheese in Trap yang Mirip dengan Kehidupan Nyata

3 Hal tentang Kehidupan Mahasiswa di drama Cheese in Trap yang Mirip dengan Kehidupan Nyata

Penggemar drama Korea pasti sudah kenal dengan drama Cheese in Trap. Drama yang diadopsi dari webtoon tersebut sudah menarik banyak perhatian penggemar drama Korea karena jalan cerita dan pemainnya yang OK! Menurut saya, drama Korea ini memang sangat identik dengan drama ala  TVN (salah satu stasiun tv kabel di Korea), berbeda dengan drama mainstream di tv-tv besar Korea Selatan. Cerita dalam drama TVN umumnya tidak hanya berputar-putar dalam masalah percintaan, tapi terlihat jelas latar belakang tokohnya. Misal di drama Oh My Ghost, meskipun judulnya tentang hantu, tapi berhubung tokoh utamanya kerja di restauran maka kita diperlihatkan bagaimana pekerjaan di restauran itu, setidaknya ada resep masakan yang bisa saya coba di rumah. Nah begitu juga dengan drama Cheese in Trap di mana tokoh-tokoh di dalamnya merupakan mahasiswa, jadi drama ini berkisah seputar kehidupan mahasiswa yang mirip dengan kenyataan sesungguhnya hehe. Berikut 3 hal tentang kehidupan mahasiswa di drama itu yang mirip dengan kehidupan nyata:

  1. KRS-an as War aka Portal Combat

Meskipun tidak semua mahasiswa merasakan hal yang sama saat KRS-an, tapi tidak sedikit yang berada pada kondisi “perang”. Mereka harus berjibaku agar mendapat mata kuliah dan dosen yang sesuai. Terkadang server juga sampai down karena mahasiswa online secara bersamaan. Kondisi seperti itu biasanya menunjukkan betapa penting, gentingnya serta mungkin menyeramkannya masa-masa KRS. Di masa itulah yang akan menentukan kisah hidup mahasiswa di semester selanjutnya. Nah, dalam drama ini juga ditunjukkan bagaimana Seol dan teman-temannya berjuang saat KRS-an. Seol dan teman-temannya berusaha mendapatkan kursi di ruang komputer, serta berusaha mendapatkan kelas dengan dosen impian mereka. Mereka juga berusaha mendapatkan kelas di jam-jam yang enak yakni kecuali kelas pagi.

123

2. Kuliah itu tugas tugas tugas

Siapa bilang kuliah itu lebih enak dibanding SMA? Kayaknya gak ada yang bilang gitu ya. Kalau di sinetron-sinetron Indonesia lagi-lagi kuliah diceritakan hanya main-main dan pacaran, tentu itu salah total hehe. Kehidupan kuliah justru dipenuhi dengan tugas meski dengan intensitas yang beda antara yang kuliah di kluster sains dan kesehatan dengan sosial. Tetapi semuanya pasti ada tugas mulai dari tugas individu, tugas kelompok, hingga tugas akhir semester. Menariknya selalu ada kejadian unik saat mengerjakan tugas, nah di drama cheese in trap ini tokoh utama yakni Seol yang kuliah di Manajemen Bisnis mengalami berbagai masalah dalam mengerjakan tugasnya, mirip dengan kehidupan nyata, at least mirip dengan kehidupan saya sebagai mahasiswa Fisipol.

Lihat nih, di drama cheese in trap, pada awal perkuliahan dosen sudah menjelaskan prosentase penilaian serta tugas untuk minggu depan.

45

Hayoo..siapa yang kuliahnya penuh dengan kuis-kuis?

Dalam drama ini juga diperlihatkan bagaimana perjuangan Seol dalam menyelesaikan tugas individu dan tugas presentasi kelompoknya.

Pertama, waktu mengerjakan tugas individu, laptop Seol rusak padahal tugas ada di laptop tersebut dan belum dicetak. Beruntungnya ada kakak kelas yang baik hati meminjamkan laptopnya, dan Seol bisa mengulang mengerjakan tugasnya dari awal alias nge-deadline saat kelas berlangsung.

Kedua, Seol harus menghadapi tugas presentasi dengan  anggota kelompok yang kurang menyenangkan. Sepertinya saat tugas kelompok memang hampir tidak pernah tanpa masalah, bisa karena sulitnya bertemu atau kurang kompak dalam mengerjakan tugas. Masalah bisa datang dari teman-teman kelompok atau justru dari kita sendiri yang terlalu malas atau terlalu rajin dalam mengejarkan tugas hingga melupakan yang lain.

910

Pada akhirnya, Seol harus mengerjakan tugas kelompok sendirian dengan begadang semalaman. Emm…kalau ini penulis juga sering begadang tapi untuk tugas individu, kasihan ya Seol…

14

Meskipun pada akhirnya tugas bisa selesai, tapi saat presentasi dosen juga menyadari kalau tidak semua anggota kelompok mengerjakan tugas alias hanya Seol saja yang kerja.

 Akhrinya mereka semua mendapatkan nilai D. Pelajaran berharga dari tugas kelompok itu ialah “komunikasi”, karena menurut Prof Kang (dosennya Seol) dalam manajemen bisnis dan kerja nantinya aka nada proyek bersama dan Seol tidak boleh mengerjakannya sendiri, seharusnya Seol bisa berkomunikasi lebih baik dengan teman-teman kelompoknya J

Ketiga, kuliah-parttime – magang. Meskipun dengan tugas yang banyak, Seol harus membagi waktu untuk parttime dan magang untuk membantu biaya kuliahnya. Meskipun parttime dan magang belum umum dilakukan mahasiswa Indonesia, bukan berarti sedikit yang melakukannya. Ada loh mahasiswa yang memang memilih untuk tidak aktif di organisasi dan justru memilih parttime atau magang. Nah, meskipun parttime dan magang cenderung berbebda, kalau parttime orientasinya uang, sedangkan magang itu ilmu, tapi saat parttime mahasiswa juga bisa dapat ilmu, ilmu susahnya nyari uang hehe. Berikut cuplikan kehidupan parttime dan magang Seol di “Cheese in Trap”.

1819

Nah, meskipun kehidupan kuliah itu penuh dengan tugas dan harus kerja keras bukan berarti kehidupan masa kuliah itu suram hehe. Justru selalu ada teman-teman di sekitar kita yang berusaha membatu kita dengan meminjamkan laptop, meminjamkan catatan, mengingatkan jadwal kuliah hingga tugas. Intinya ada teman-teman yang menyemangati kita saat-saat kita susah dan kesulitan J Seperti teman-teman Seol yakni Bora, Eun Taek, dan sunbae nim 🙂

20

21

Terakhir, selalu ada waktu liburan untuk menyegarkan diri dan berlibur bersama teman-teman kayak yang dilakukan penulis hehe

22

Yesss liburan bareng hehe :))

23

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Titis mutiara says:

    Warbyasa widyy. Sayangnya foto terakhir cuman isi 5 kepala :’)))

    1. ayo main habis kkn, biar jadi enam kepala wkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s