Mandarin Sorbet ala Widy

 

mandarin sorbet

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat sorbet seperti dengan hanya mem-blender buah yang sudah dibekukan terlebih dahulu, atau mem-blender buah segar lalu dibekukan di freezer. Cara-cara tersebut dapat  disimak dalam  video di bawah ini.

Nah, kali ini Widy akan menjelaskan cara-cara membuat mandarin sorbet tentunya ala Widy. Berikut bahan-bahan yang kawan-kawan butuhkan:

  1. Jeruk Mandarin
6 buah
  1. Gula pasir
5-6 sendok makan
  1. Air
200 ml

Sebenarnya ukuran di atas hanya perkiraan, kalau teman-teman yang lebih suka rasa asam dibanding manis mungkin gulanya bisa digunakan sedikit saja atau tanpa gula. Sebenarnya dalam pembuatan sorbet ini saya galau apa saya blender saja jeruknya langsung sehingga ada teksturnya atau sudah diperas saja airnya. Akhirnya saya memutuskan untuk memeras airnya saja hehe.

Langkah pertama saya membuat air gula, panaskan air kira-kira 200ml kemudian tambahkan 5-6 sendok makan sambil diaduk-aduk sedikit agar meleleh dan tercampur dengan baik. Kedual, sambil menunggu air gula selesai, kita peras jeruknya. Nah setelah semua selesai, tinggal dicampur saja air perasan jeruk dan air gula, setelah dicampur dibekukan. Sekitar 3 jam, sorbet yang hampir jadi di blender agar lebih lembut. Kemudian, dibekukan lagi selama dua jam, setelah itu bisa langsung dinikmati atau diblender dan dibekukan lagi.

Kemudian, untuk penyajiannya, ambil satu jeruk lalu potong bagian atasnya sedikit, kemudian keluarkan isinya, hingga kosong, cuci dan bekukan sekitar 20 menit hingga menjadi keras. Sorbet yang sudah saji disajikan di dalam jeruk yang telah dibekukan tadi. Begitu saja, mudahkan? Tapi memang perlu kesabaran untuk menunggunya hingga beku. Lain waktu akan Widy coba sorbet-sorbet lainnya dengan cara-cara yang berbeda. Stay tune! Keep cooking!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s