Widy dan Aktivitas Mencatat

Belakangan ini baru Widy sadari bahwa kemampuan Widy dalam mencatat diskusi, atau ceramah dosen di dalam kelas atau sekedar mengetik cepat bisa menjadi hal yang spesial bagi diri Widy yang mungkin tidak semua orang miliki. Selama ini Widy selalu mengusahakan untuk mencatat apa yang disampaikan orang lain baik dalam diskusi informal maupun saat ceramah-ceramah kuliah. Hal ini berawal dari kebiasaan dan keinginan Widy agar tidak lupa apa yang dibicarakan. Selain itu, dengan mencatat Widy merasa lebih maksimal dan fokus dalam suatu forum, rasanya seperti sudah melangkah dua langkah lebih maju. Wajar jika saat-saat ujian Widy kembali meringkas buku dan lain-lain karena dengan proses menulis atau mencatat itulah Widy mengalami proses belajar dengan mengingat kembali apa yang telah disampaikan.

Entah sejak awal memang Widy cepat dalam mencatat atau karena terbiasa mencatat membuat Widy menjadi lebih cepat mencatat. Mungkin juga karena terbiasa ketika menulis seperti saat ini hal-hal penting yang terlintas cepat sekali berlalu dan meminta untuk cepat-cepat diikat dalam bentuk tulisan, kalau tidak langsung ditulis maka akan hilang dan lupa. Kadang ketika sedang tidak bisa mengakses laptop, note hp menjadi alat yang sangat membantu Widy untuk mencatat pikiran-pikiran yang tiba-tiba muncul. Keinginan Widy untuk selalu mencatat ini terkadang dianggap bermanfaat bagi orang lain, namun tak jarang juga dianggap sebagai hal yang negatif. Misalnya saja ketika dalam kelas, dosen meminta untuk menghenti mencatat dan fokus saja pada apa yang beliau sampaikan. Mungkin ini bisa jadi ciri-ciri over-personalization karena menganggap yang disampaikan dosen tersebut merujuk keapa yang Widy lakukan seakan-akan kontra pada pribadi Widy. Tapi berhubunga karena saat itu memang Widy asyik mencatat jadi bisalah jadi contoh hehe. Mendengar perintah itu, Widy lalu berhenti dan fokus mendengarkan, sayangnya setelah itu Widy akan lupa apa saja yang disampaikan dan bingung apa yang harus Widy tulis. Hal tersebut berbeda apabila Widy sambil mendengarkan lalu mencatat, setelah kelas Widy akan masih ingat hal-hal yang penting dan bahkan muncul beragam pertanyaan.

Dengan mencatat juga Widy tak jarang langsung menuliskan pendapat, pernyataan atau pertanyaan terkait apa yang disampaikan. Intinya bagi Widy selama ini kebiasaan mencatat membantu Widy untuk memahami dan mencerna maksud pembicara. Poin plus juga ketika Widy bisa meminjamkan catatan Widy kepada teman-teman, walau dengan tulisan yang acak-acakkan tapi setidaknya banyak hal penting termuat di dalamnya. Pada akhirnya, Widy akan terus mengasah kemampuan Widy untuk mencatat dan menangkap poin-poin penting dalam setiap diskusi, ceramah, kajian dll. Widy merasa kebiasaan untuk selalu mencatat merupakan hal yang baik karena membantu Widy fokus dan juga merasa adanya kebergunaan dari catatan Widy bagi orang lain.  Udah itu aja yaaa curahan hati Widy kali ini hehehe >.<

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s